Minggu, 14 Desember 2014

JAMBU GETAS

Posted by Unknown On 11.21 | No comments

JAMBU GETAS MERAH

Jambu biji merah getas merupakan hasil silangan antara jambu pasamungu yang berdaging merah dengan jambu biji Bangkok sebagai temuan dari Lembaga Penelitian Getas, Salatiga Jawa Tengah pada tahun 1980-an. Jambu biji merah getas memiliki keunggulan yaitu daging buahnya merah menyala, tebal, manis, harum, dan segar. Ukuran buahnya mencapai 400 gram per buahnya. Jambu biji banyak diminati karena selain rasanya enak juga dapat meningkatkan trombosit darah pada penderita demam berdarah.
 
Jambu biji merupakan komoditi yang prospektif untuk dikembangkan, mengingat masih terdapat peluang pasar baik di dalam negeri maupun pasar luar negeri. Selain dikonsumsi dalam keadaan segar (fres), jambu biji di dapat diolah menjadi produk baru. 

Kegiatan pengolahan dilakukan untuk menciptakan produk turunan baru jambu biji yang lebih variatif dan inovatif. Ada berbagai jenis variasi pengolahan jambu biji yang berguna selain agar produknya lebih awet, juga untuk menghindari adanya rasa bosan dalam mengonsumsi jambu biji, serta memilikinilai ekonomis yang lebih tinggi. Produk hasil olahan dari jambu biji antara lain: Puree (bubur jambu biji), sari buah jambu biji, sirup jambu biji, dodol/jenang jambu biji, juice jambu biji, selai/jam jambu biji, cake jambu biji, manisan jambu biji, ice cream jambu biji, pudding jambu biji, dan lain-lain. 

Buah – buahan termasuk produk hortikultura yang mudah rusak setelah dipanen,  beberapa penyebab yang dapat mempercepat kerusakan pada buah yang telah dipanen antara lain: penanganan yang kurang tepat saat dikebun dan selama proses pengangkutan, luka lecet pada permukaan kulit dan memar yang membuat daging buah rusak sehingga dapat mengurangi manfaat/vitamin yang terkandung atau bahkan tidak layak konsumsi. 

Maka agar tahan lama sebagai solusinya buah dapat diolah menjadi aneka produk olahan, selain itu penyimpanan dan pengolahan yang benar dapat memberi nilai tinggi. Biasanya produk olahan dikemas dalam botol/kaleng atau juga dengan kantong plastik, guna menghambat proses pembusukan. Pengemasan ini berfungsi juga untuk dapat menikmati buah jambu biji setiap saat tanpa harus menunggu musim berikutnya, juga dapat membuka peluang export misalnya dalam bentuk jus , manisan dan sirup dalam bentuk botol maupun kalengan. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan yang dapat mempengaruhi mutu hasil olahan:
Ø  
 *Pemilihan bahan baku (mutu baik, tidak lewat matang/busuk) dan bahan tambahan makanan.
*Cara mengolahnya
*Cara mengemasnya

WIDOKO ( PENGUSAHA HOME INDUSTRI JAMBU GETAS MERAH )

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger news

About