Kamis, 04 Desember 2014

TAMBAHREJO

Posted by klaster kendal On 06.46 | 2 comments

*Sejarah Desa Tambahrejo 
         
Pada jaman dulu waktu pemerintahan penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1920-an ada desa di wilayah asisetent wedono Pageruyung, antara lain bumi dusun Gunungsari dengan kepala desa yang bernama To Wirjo Ngarip dan wilayahnya bumi dusun Gunungsari, bumi dusun Bogosari dengan kepala desa Reso Ki Kromo dan wilayahnya terdiri dari bumi dusun Bogosari dengan sekarang dusun Tembelang RT 01 RW 02, bumi dusun Tembelang dengan kepala desa bernama Wongso Djoyo, wilayahnya terdiri dari : dusun Tembelang dan dusun Mendek. Adapun dusun maron sebelah timur jalan pada waktu dulu ikut wilayah bumi dusun kalibareng.

Pada tanggal 2 November 1924 telah diadakan rembug desa yang dihadiri oleh Wedono Selokaton dan asisten Wedono Pageruyung serta dihadiri oleh warga bumi dusun Bogosari ( nomor 51 ) warga dusun Tembelang ( nomor 52 ) warga dusun Gunungsari ( nomor 43 ). Adapun rembug desa tersebut telah membicarakan tentang blengketan atau penyatuan dusun yang terdiri dari bumi dusun Bogosari, bumi dusun Tembelang dan bumi dusun Gunungsari. 

Bahwa hasil rembug desa tersebut telah mencapai mufakat dari 3 dusun menjadi 1 desa yang diberi nama desa Tambahrejo dan telah diberi ijin dari negara yaitu beslit ( surat ) dari Kanjeng Tuang Residen tertanggal 17 0ktober 1924 dengan nomor 935 dan kepala desa pertama adalah Karyo Leksono dengan wilayah dukuh Bogosari, dukuh Tembelang dan dukuh Mendek dukuh Gunungsari dan dukuh Maron adapun dukuh Maron berasal dari sebelah barat jalan adalah dusun Gunungsari dan sebelah timur jalan ikut dusun Kalibareng maka disatukan menjadi dusun Maron. 

Adapun desa Tambahrejo pernah dipimpin oleh kepala desa sebagai berikut : Karyo Leksono ( 1924 - 1971 ) Johny Lolang ( 1971 - 1999 ) Sumanto ( 1999 - 2003 ) Hidayat ( 2003 - 2008 ) Haryanto ( 2008 - 2013 ) Arifin ( 2013 - sekarang ) demikian sejarah singkat terjadinya desa Tambahrejo dan dengan diperingati hari jadi desa jatuh setiap pada tanggal 17 Oktober.      

*Kondisi Geografis

Berdasarkan letak geografis wilayah desa Tambahrejo berada disebalah barat daya ibukota kabupaten Kendal. Desa Tambahrejo merupakan salah satu desa dikecamatan Pageruyung, kabupaten Kendal dengan jarak tempuh ke ibukota kecamatan 2 km, dan ibukota kabupaten 30 km.mil laut dan dapat ditemph dengan kendaraan kurang lebih 1 jam. Desa ini berbatasan dengan desa Pageruyung disebelah barat, disebelah utara berbatasan dengan desa Gebangan, disebelah selatan dengan desa Kalibagor dan disebelah timur dengan desa Kalibareng. Luas wilayah daratan desa Tambahrejo adalah 2 km/segi. Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa reruntukan, dapat dikelompokan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman, pertanian, kegiatan ekonomi dan lain-lain.

Secara administratif wilayah desa Tambahrejo terdiri dari 19 RT dan 05 RW yang meliputi 5 dukuh ( peta desa terlampir ).

Secara Topografi desa Tambahrejo dapat dibagi dalam satu wilayah, yaitu wilayah perbukitan dengan kondisi topografi demikian, desa Tambahrejo memiliki variasi ketinggian antara 100 m - 200 m dari pemukiman laut. Daerah terendah adalah diwilayah RT 05 RW 01 dan daerah tertinggi adalah diwilayah RT 01 RW 02 yang merupakan wilayah perbukitan.


2 komentar:

  1. Balasan
    1. silahkan dimasukkan...datang saja ke balai desa...tahun ini akan ada fasilitas wifi gratis di balai desa

      Hapus

Blogroll

Blogger news

About